Felani Galih Prabawa

8 Oktober 2013

Perawatan dan Pengembangan Informasi di Website Pribadi

08.33 Posted by Felani Galih Prabawa , , No comments
Dalam perkembangan zaman serta teknologi dewasa ini, keberadaan informasi sangatlah dibutuhkan oleh setiap orang dalam berbagai bidang, baik itu bidang teknologi, politik, sampai gaya hidup. Keberadaan informasi akan terus ada dan tidak akan pernah hilang oleh zaman, justru akan semakin berkembang  bila ditinjau melalui media yang menyediakan informasi tersebut. Mulai dari Koran hingga aplikasi berita online yang sudah terpasang pada gadget kita, tentu ini sangat memudahkan informasi yang datang semakin hari semakin masif.
Sebagai seorang yang bergerak dibidang informasi, tentu tidak mudah untuk mengatur siklus informasi yang datang dengan cepat disetiap waktunya. Dibutuhkan manajerial dari berbagai hal, seperti manajerial waktu, manajerial diri, dan tentunya kita harus memanajerial informasi kita sendiri.
Merawat dan mengembangkan website pribadi yang berkonsentrasi pada bidang penyediaan informasi bukan perkara mudah, karena setiap waktunya harus menyediakan informasi yang terbaru agar website kita selalu dikunjungi oleh pembaca, sebab disitulah tujuannya dan tantangannya.

A. Manajerial Waktu
Demi menjadi sebuah single informan yang menyediakan segala informasinya secara individu, sudah pasti akan membutuhkan banyak waktu untuk mencari dan menyediakan informasi kepada orang banyak. Belum lagi untuk membagi waktu dengan hal lain seperti kuliah, kegiatan organisasi, keluarga, asmara, dan kehidupan sosial lainnya selain daripada menyediakan sumber informasi. Tapi semuanya bukan berarti tidak mungkin, asalkan ada tekad dan kesungguhan, kita pasti bisa melakukan semuanya secara bersamaan.
Disinilah kita belajar akan pentingnya manajerial waktu, karena didalamnya kita diajarkan tentang skala prioritas. Jadi, ketika kita disibukkan dengan berbagai hal, kita harus memilih dan memilah dahulu kegiatan-kegiatan tersebut. Mana kegiatan yang harus dilakukan dan mana kegiatan yang harus dikesampingkan terlebih dahulu.
Dan tentunya sebagai informan, kita harus menomor satukan penyediaan berita dan informasi dibanding dengan hal lainnya. Bukan bermaksud fragmatis, tapi ini adalah cara untuk menjadi seorang single informan.

B. Manajerial Diri
Hal yang jauh lebih penting dan lebih fundamental adalah manajerial diri. Ini adalah substansi yang penting, karena semua keinginan dan kehendak, bermula dari diri sendiri. Dalam kasus ini, kita harus lebih bisa menguasai diri sendiri, karena tak jarang banyak sekali yang tumbang dalam dunia informasi karena tidak bisanya memanajerial diri dengan baik.
Sebut saja rasa malas. Untuk menjadi seorang penyedia informasi dan berita, rasa malas pasti selalu hinggap dipelupuk mata. Ketika harus membuat redaksi yang sedemikian rupa, dan membuat headline yang menarik, rasa malas itu selalu ada. Kita harus melawan rasa malas untuk bisa menggerakkan website kita. Lakukan apa yang kita lakukan untuk website kita seperti layaknya kita merawat dan memperlakukan diri sendiri.

C. Manajerial Informasi
Sebagai sebuah informan, kita pun harus memperhatikan data dan informasi yang kita dapat. Sebelum kita mem-posting sebuah berita, tentu kita harus memperhatikan etika dalam penulisan, hak kekayaan intelektual, hak cipta, dan segala macamnya. Ini bertujuan untuk memupuk sifat profesionalisme dalam diri seorang informan dan menciptakan kode etik dalam dunia jurnalis.
Selain itu,  kita pun harus bisa membuat satu berita yang sama, namun dengan kemasan dan redaksi berbeda. Ini merupakan hal yang penting, karena inilah yang akan dinilai oleh pembaca di luar sana. Kreativitas, orisinalitas, dan karakter harus kita perlihatkan dalam informasi yang akan di-posting dalam website.

Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk perawatan dan pengembangan informasi dalam website pribadi. Ini merupakan sudut pandang dari empirisme penulis saja.

0 comments:

Posting Komentar

Thanks you, visitors.