Felani Galih Prabawa

7 Desember 2012

Syarat Perjuangan

11.13 Posted by Felani Galih Prabawa , No comments
Bila seseorang ditanya tentang apa itu makna KEHIDUPAN, pasti akan muncul berbagai macam persepsi. Mungkin salah satu diantara mereka berpandangan bahwasanya hidup adalah PERJUANGAN, dan kata "perjuangan" yang diucapkan mereka akan menimbulkan bermacam-macam makna, tergantung dari siapa mereka, dimana mereka hidup, dan untuk apa mereka hidup.
Perjuangan itu sangat berat dan sulit, tapi setiap manusia berhak untuk merasakan perjuangan. Ada diantara mereka yang berjuang untuk makan, ada yang berjuang untuk kesuksesan karir, ada yang berjuang untk memajukan organisasi, serta masih banyak lagi perjuangan-perjuangan lainnya.
Sebab perjuangan tidak semudah yang dikira, dan tidak semulus yang dibayangkan, maka harus diperlukan  manajerial agar yang disebut dengan "PERJUANGAN" itu straight to the point. Artinya, perjuangan yang dilakukan berbanding lurus dengan hasil yang dicapai nantinya.

Syarat-syarat perjuangan pasti secara tidak sadar dan secara tidak tertulis dimiliki oleh setiap orang, dan sudut pandang tentang syarat-syarat perjuangan pun pasti akan berbeda-beda. Tapi, berikut ini adalah standardisasi umum untuk syarat-syarat dalam melakukan perjuangan dikehidupan:

1. Yakin
Poin yang paling mendasar dari semua syarat-syarat perjuangan adalah yakin. Dalam hal ini semua orang memiliki modal untuk yakin, dan rasa keyakinan kerap kali tertutup oleh keraguan.
Perasaan Yakin adalah komponen awal untuk menyusun sebuah perjuangan, karena dengan dilandasi kata yakin, maka akan muncul semua kemungkinan-kemungkinan walaupun berada dalam kesulitan yang besar.
Keyakinan bagaikan sebuah akar pohon. Apabila akarnya rapuh, maka akan rusak pula semua organ pohon tersebut. Oleh sebab itu, mulai dari saat ini munculkanlah perasaan yakin bahwa hidup dan mimpi ini dapat diperjuangkan.

2. Ilmu
Ilmu bagaikan cahaya dalam gelapnya perjuangan. Tentu saja dalam berjuang, ilmu harus dimiliki, karena ilmu yang menuntun perjuangan hidup. Ilmu mengajarkan bagaimana cara berjuang dan ilmu pun memberi petunjuk dari setiap permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam perjuangan ini. Bisa dibayangkan bila perjuangan yang dilakukan ini tanpa ilmu, pastinya berbagai kesulitan akan datang tanpa adanya jalan keluar, untuk itulah mengapa ilmu termasuk dalam syarat perjuangan.

3. Ideologi
Ideologi adalah sebuah gagasan dan konsep agar menjadi sebuah landasan bagi manusia dalam menjalani kegiatan dalam hidupnya. Tentu dalam berjuang pun kita harus memiliki sebuah ideologi, karena apabila kita berjuang tanpa ideologi, itu sama saja kita berjuang bukan untuk tujuan kita sendiri. Untuk itu kita perlu merumuskan ideologi sebelum kita melakukan perjuangan dalam hidup ini. Jadi sebelum kita memulai perjuangan dalam hidup kita, perkuatlah ideologi kita, karena nanti kita pasti bertemu dengan banyak orang dan pasti dihadapkan pada berbagai macam pengaruh-pengaruh yang mungkin dapat menjatuhkan ideologi kita.

4. Organisasi yang Rapi
Banyak pengertian mengenai makna organisasi. Organisasi dalam perjuangan sendiri diartikan sebagai sebuah pengaturan strategi dan taktik untuk mencapai sebuah keinginan dibalik perjuangan hidup. Untuk itu, kita harus memiliki pengorganisasian yang matang dan rapi. Jika kita tidak melakukan hal tersebut, perjuangan dalam menggapai mimpi pastilah berjalan berantakan.

5. Strategi dan Taktik
Strategi adalah cara untuk menggapai tujuan, sedangkan Taktik adalah bagian dari strategi yang bertujuan untuk menjalankan strategi dalam menggapai tujuan itu. Jadi, jika strategi saja belum cukup untuk dijadikan jalan dalam mencapai tujuan kita, melainkan diperlukan pula taktik didalamnya.

6. Doa, Tawakal, dan Sabar
Dan syarat perjuangan yang terkahir adalah Doa dan Tawakal. Jangan lupakan tangan yang Maha Kokoh yang senantiasa berperan dalam perjuangan kita. Sebab, semua yang terjadi di dunia ini tidak terjadi karena kebetulan semata, tapi semuanya telah diatur oleh Allah Yang Maha Kuasa. Untuk itu sudah selayaknya kita berdoa dalam menggapai tujuan kita, dan juga bertawakal (berserah diri) kepada-Nya jika perjuangan kita belum menemui hasil yang memuaskan.  Dan bersabarlah, karena dengan kesabaran, kita bisa meraih kemenangan.

Itulah 6 syarat perjuangan yang secara tidak langsung dilakukan oleh setiap dari kita. Berjuanglah sekarang juga, jangan menunggu orang lain berada satu langkah di depan kita. Keep Dreaming Keep Action, And Struggling Cleverly!!!

0 comments:

Posting Komentar

Thanks you, visitors.