Perbedaan British English & American English

12 Desember 2012 Felani Galih Prabawa

Bahasa Inggris masuk ke Amerika diakibatkan karena adanya kolonialisasi bangsa British di Amerika Utara pada sekitar abad ke-17. Hal tersebutlah yang melatar belakangi timbulnya Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris British.
Kedua ejaan ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan, terutama disebabkan karena adanya konflik Inggris dan Koloni Amreika yang berujung pada perang kemerdekaan Amerika Serikat. Rakyat Amerika pada saat itu berusaha untuk melepaskan diri dari pengaruh Kerajaan Britania dan mencari jati diri mereka sendiri, dan bahasa Inggris adalah salah satu aspek pencarian jati diri tersebut.

Pada awal abad 18 ejaan bahasa inggris belum mempunyai standarisasi secara tertulis. Karena ketiadaan standarisasi tersebut, terbitlah kamus-kamus bahasa inggris yang pada saat itu memiliki pengaruh yang luar biasa. Ejaan Bahasa Inggris British saat ini, hampir seluruhnya mengikuti tulisan dari Samuel Johnson dalam bukunya The Dictionary of English Language yang terbit pada tahun 1755.
Untuk ejaan Bahasa Inggris Amerika pertama kali diperkenalkan oleh Noah Webster melalui bukunya An American Dictionary of The English Language yang yang terbit pada tahun 1828. Webster adalah seorang yang gigih memperjuangkan perubahan ejaan bahasa inggris dengan alasan kebahasaan dan nasionalisme.

Sebenarnya, perbedaan antara American English dan British English terdapat Pronunciation (Pelafalan), Spelling (Ejaan Kata), dan Vocabulary (Kosa Kata). Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan dari perbedaan antara American Style dengan British Style.

A. Spelling (Ejaan Kata)
Bahasa Inggris British masih cenderung untuk mempertahankan ejaan dari bahasa Perancis. Tetapi untuk Bahasa Inggris Amerika mencoba untuk menghilangkan ejaan yang tidak diperlukan juga yang lebih mendekati dengan pelafalannya. Berikut adalah beberapa contohnya:

British
American
Colour
Color
Labour
Labor
Metre
Meter
Catalogue
Catalog
Theatre
Theater
Centre
Center
Apoligise
Apologize
Defence
Defense

B. Pronunciation (Pelafalan)
Pada bagian pelafalan, sangatlah jelas bahwa terdapat perbedaan antara Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris British. Banyak sekali perbedaan yang terdapat antara AmericanEnglish dan British English, berikut adalah contohnya:
  • Orang Amerika mengucapkan huruf "R" dengan cara menggulung lidah ke belakang dan merapatkannya ke langit-langit mulut. Sedangkan orang Inggris tidak melafalkan huruf "R" dalam sebuah kata, terlebih jika huruf "R" tersebut berada di akhir kata, contohnya pada kata "Mother".
  • Dalam American English, kata "Can" dan "Can't" sangatlah mirip dan terdengar tak ada perbedaan sama sekali walaupun artinya berbeda. Tetap untuk British English terdapat perbedaan yang jelas, perbedaanya jika untuk kata "Can" mereka melafalkannya "ken" sedangkan untuk "Can't" melafalkannya menjadi "kan't".
  • Orang Amerika cenderung mengucapkan kata yang berakhiran "duce" (Reduce, Produce, dsb) dengan lebih rileks, yang berarti bahwa setelah huruf "D" mengukuti bunyi dari huruf "U". Sedangkan untuk British English, seletah huruf "D" ditambahkan dengan bunyi huruf "J".
  • Orang Amerika cenderung mereduksi kata dengan menghilangkan beberapa huruf. Kata "Facts" misalanya, dalam Bahasa Inggris Amerika dilafalkan menjadi "Fax" dan menghilangkan huruf "T".
  • Terkadang huruf tertentu juga dihilangkan dalam Bahasa Inggris British. Contohnya dalam kata "Secretary", huruf "A" tidak diucapkan.
Penekanan dalam sebuah kata atau aksen pun menjadi salah satu pembeda antara British English dan American English. Akan tetapi perbedaan dari aksen ini janganlah dijadikan sebuah persoalan. Aksen hanya merupakn sebuah identitas yang menunjukkan dari mana mereka berasal.

C. Vocabulary (Kosa Kata)
Pada abad ke-18 banyak bermunculan kamus-kamus bahasa inggris yang diterbitkan oleh sastrawan-sastrawan dunia. Dan sangat sulit untuk menemukan standarisasi bahasa inggris yang akan dijadikan jati diri bangsa Amerika ataupun Kerajaan Britania. Selain daripada perbedaan Spelling, dan Pronunciation, terdapat pula perbedaan dari segi Vocabulary (Kosa Kata). Berikut adalah perbedaan Vocabulary antara English British dengan English American:

British
American
Football
Soccer
Biscuit
Cookie
Toilet
Rest room
Shop
Store
Chemist
Drugstore
Pants
Trousers
Torch
Flashlight
Underground
Subway
Groundfloor (lt.dasar )
Firstfloor (lt.dasar)
Sweets
Candy
Rubbish bin
Trash can

Perbedaan yang terdapat antara Bahasa Inggris Brtitish dan Bahasa Inggris Amerika cenderung hanya memperkaya komunikasi dan tidak menimbulkan masalah ataupun kesulitan dalam berkomunikasi. Dari penjelasan yang telah dipaparkan diatas, kini tinggal bagaimana keinginan kita. Apakah ingin memakai English British atau English American. English's FUN :)
#TerimaKasih :)
*Dikutip dari berbagai sumber*


Leave a Reply

Thanks you, visitors :)

Copyright@2014 Felani Galih Prabawa. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright

| Thanks to Allah SWT, Rasulullah SAW, Ayah, Ibu, Bella, dan yang telah menjadi semangat dalam hidupku ini dan Rina Andriani yang senantiasa mengingatkanku agar tetap berada dalam jalan yang semestinya | I'm Seeing, I'm Thinking, I'm Writing, and I'm Doing | Verba Volant, Scripta Manent | Segala konten yang ada dalam blog ini dilindungi Undang-Undang. Barang siapa yang menjiplak tanpa menyertakan URL Blog ini, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan UU yang berlaku |
Powered by Blogger. Designed by elogi. Converted by Smashing Blogger for LiteThemes.com. Proudly powered by Blogger.