Felani Galih Prabawa

8 Desember 2012

Hakikat BEM Universitas

00.23 Posted by Felani Galih Prabawa , 5 comments
Badan Eksekutif Mahasiswa atau yang biasa disebut BEM adalah badan organisasi tertinggi dalam sebuah Universitas, Institut, Politeknik, ataupun Sekolah Tinggi dan memiliki landasan hukum berdasarkan KEPMEN No. 155. Keberadaan BEM disebuah Perguruan Tinggi sangatlah fungsional, baik untuk pihak kampus sendiri ataupun untuk UKM berserta civitas akademika Perguruan Tinggi tersebut. 
Ketika saya mencermati keorganisasian yang ada di kampus saya (Universitas Gunadarma), ternyata saya melihat hal yang minus. Hal Itu terlihat karena tidak adanya badan organisasi tertinggi yang dapat memayungi 6 fakultas yang ada di Universitas Gunadarma yaitu BEM tingkat Universitas. Di Universitas Gunadarma badan organisasi tertinggi hanyalah BEM tingkat Fakultas yang tentunya tidak memiliki mobilitas se-Universitas layaknya BEM-U. Sungguh ironi ketika melihat tidak ada pemersatu diantara 6 fakultas yang ada di kampus saya itu.
Entah apa yang ada dibenak pihak kampus sehingga tidak mau membentuk BEM-U di kampus ini. Padahal keberadaan BEM-U pasti akan membuat Universitas Gunadarma jauh lebih berkelas, baik itu dibidang akademik maupun sosial.


A. Fungsi BEM Universitas
Berikut ini adalah fungsi dari keberadaan BEM tingkat Universitas. Dan fungsi ini akan senantiasa selalu dipegang teguh oleh BEM.
1. Fungsi Aspiratif: Berperan sebagai penampung dan penyalur aspirasi atau keinginan Mahasiswa.
2. FUNGSI ADVOKASI; Jika terdapat Mahasiswa yang mempunyai permasalahan kesulitan membayar SPP/ penangguhan, permasalahan akademik, transparansi pendanaan kemahasiswaan dan peran lembaga dalam memperjuangkan hak-hak Mahasiswa. 
3. FUNGSI KOORDINASI; Menjadi tempat berkoordinasi dan komunikasi berbagai kepentingan UKM  dan jembatan antara aspirasi Mahasiswa dengan pihak REKTORAT. 
4. FUNGSI KATALISATOR, INISIATOR DAN FASILITATOR seluruh Mahasiswa.

Lalu pertanyaanya, apa keuntungan BEM-U untuk Rektorat??
1. Dengan adanya BEM-U, Rektorat mendapat bantuan koordinasi. BEM-U ini bisa menjadi penghubung komunikasi antara Rektorat dengan Mahasiswa ataupun antara UKM.
2. Dengan terbentuknya BEM-U dapat memberika pencitraan bagi Perguruan Tinggi tersebut. Keberadaan BEM-U dapat meningkatkan eksistensi Perguruan Tinggi dikancah Nasional baik dalam kegiatan kemahasiswaan yang bersifat akademik ataupun UKM dan bidang sosial masyarakat.
3. BEM-U dapat membantu administrasi kampus. BEM-U juga bisa menjadi sebuah sarana untuk menampung semua aspirasi Mahasiswa, baik berupa kritik, saran, ataupun masukan untuk kampus. BEM-U pun juga bisa mengawasi keuangan kampus, dan mampu mentransparansikannya.


Jadi, cukup jelas bahwa keberadaan BEM-U ini sangat bermanfaat untuk kehidupan kampus. Maka untuk itu, kita tidak salah jika kita menginginkan hadirnya BEM-U di Perguruan Tinggi kita, khususnya di Universitas Gunadarma.
Di bawah ini adalah contoh organisasi kemahasiswaan yang ideal dan harus ada dalam sebuah Universitas:

A. Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Universitas

1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)
Merupakan lembaga legislatif kemahasiswaan tertinggi di tingkat Universitas. Anggota MPM dipilih langsung oleh mahasiswa, seperti halnya dengan ketua BEM. Anggota MPM dipilih oleh fakultasnya masing-masing sehingga MPM menjadi representatif dari seluruh mahasiswa. Salah satu tugasnya adalah mengawasi dan menilai kinerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa.

2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
BEM merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas eksekutif. Karena organisasi ini berada di tingkat universitas maka para anggotanya berasal dari fakultas yang berbeda-beda, yang biasanya dilakukan perekrutan anggota setelah ketua BEM terpilih. Bagi Kalian yang ingin menjadi salah satu anggota organisasi ini, Kalian harus menunggu satu tahun karena perekrutan anggota dilakukan jauh sebelum mahasiswa baru. Kalian akan mendapat kesempatan menjadi anggota setelah setahun menjadi mahasiswa.
Tetapi Kalian dapat aktif dalam berbagai kegiatan kepanitiaan yang dilakukan oleh BEM karena biasanya kepanitiaan terbuka untuk seluruh mahasiswa dari berbagai departemen dan angkatan.

B. Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Fakultas

1. Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM)
BPM adalah lembaga kemahasiswaan yang memiliki fungsi sebagai lembaga perwakilan bagi mahasiswa. Dalam struktur lembaga kemahasiswaan, BPM memiliki kedudukan di atas Senat Mahasiswa dan berfungsi sebagai lembaga legislatif.

2. Senat Mahasiswa Fakultas (SMF)
Adalah lembaga kemahasiswaan yang bertindak sebagai lembaga eksekutif tertinggi di fakultas. Secara fungsional, Senat Mahasiswa Fakultas umumnya berada di bawah BPM.

3. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMD)
Fungsinya sebagai wadah organisasi jurusan untuk pengembangan segi akademik, intelektualitas, dan profesionalisme dari mahasiswa departemen yang bersangkutan. Kedudukannya dalam lembaga kemahasiswaan di fakultas biasanya bersifat koordinatif.

Itu adalah informasi singkat mengenai organisasi kemahasiswaan. Dan harapan saya pribadi, mudah-mudahan di kampus Universitas Gunadarma bisa terbentuk BEM-U. Dan saya siap jika harus dipercaya untuk mengurusi ini semua :)

5 komentar:

  1. ulasan yang menarik, jadi menambah wawasan dan pemahaman tentang organisasi intra kampus. terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  2. Dikampus anda saja yg memiliki BEM meski hanya tingkat fakultas saja, bnyak minus. Gimana dikampus saya yg ngga boleh mendirikan BEM, baik tingkat fakultas maupun universitas 😭. Tapi thnks, postingan yg luar biasa 👍👏

    BalasHapus
  3. dikampus saya yg sudah adanya BEM U saja malah ingin dihapuskan..
    dengan alasan BEM U kurang begitu penting dalam segi kinerjanya.. malah menghabiskan byk anggaran mahasiswa untuk kegiatan yang tidak jelas dan tidak menyuluruh mengaspirasikan , berkoordinasi dgn mahasiswa begitu kurang lebih kata pihak yg ingin menghapuskannya BEM U..
    kalo bagi saya pribadi, bukan Suatu lembaganya yang dihapuskan tapi bagaimana cara menfilter oknum oknum yang tidak komitmen dalam menjalankan tugasnya..
    saya pikir BEM U masih hrs ada krn utk mempersatukannya BEM setiap fakuktas.. saya kira seperti itu kurang lebihnya

    BalasHapus
  4. dikampus saya yg sudah adanya BEM U saja malah ingin dihapuskan..
    dengan alasan BEM U kurang begitu penting dalam segi kinerjanya.. malah menghabiskan byk anggaran mahasiswa untuk kegiatan yang tidak jelas dan tidak menyuluruh mengaspirasikan , berkoordinasi dgn mahasiswa begitu kurang lebih kata pihak yg ingin menghapuskannya BEM U..
    kalo bagi saya pribadi, bukan Suatu lembaganya yang dihapuskan tapi bagaimana cara menfilter oknum oknum yang tidak komitmen dalam menjalankan tugasnya..
    saya pikir BEM U masih hrs ada krn utk mempersatukannya BEM setiap fakuktas.. saya kira seperti itu kurang lebihnya

    BalasHapus
  5. Organisasi Mahasiswa semacam BEM memang bagus sekali untuk membentuk karakter mahasiswa dalam berbagai bidang dgn mengikuti kegiatan2 BEM.

    mampir ke sini gan http://kemahasiswaan.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

Thanks you, visitors.