Felani Galih Prabawa

28 Januari 2012

Rahasia Unik Kunang-Kunang

15.34 Posted by Felani Galih Prabawa No comments
Kunang-kunang
Assalamu'alaikum ^^
Selamat sore menjelang petang, sobat setia GINS ^^
Apa kabar semuanya ?? saya doakan baik-baik saja ^^
Saya ingin berbagi informasi unik nih seputar makhluk hidup ciptaan Alloh SWT ^^
Jenis makhluk hidup ini merupakan serangga yang biasanya aktif dimalam hari dan sering memancarkan sinar yang indah, yaap serangga itu adalah Kunang-kunang. Langsung saja nyok disimak (^^)
Di malam hari, di sekitar kebun atau semak yang gelap, ada kalanya kita melihat cahaya berpendar kuning atau hijau seperti lampu (benarkan ??). Itulah kunang-kunang yang dalam bahasa Inggris disebut firefly. Makhluk ini termasuk sejenis serangga bercahaya dari kelompok kumbang (Coleoptera-Lampyridae). Pertanyaannya. bagaimana kunang-kunang dapat bercahaya ??

Begini, sob.. Kunang-kunang memancarkan cahaya tidak terus-menerus, melainkan berkerlap-kerlip atau pergantian antara menyala dan padam. Ini berarti ada mekanisme tertentu dalam tubuhnya yang berperan menyalakan dan mematikan cahaya, ibarat tombol atau saklar lampu listrik yang menyambung dan memutus arus listrik yang mengalir ke bola lampu. Hal ini telah lama menjadi teka-teki bagi ilmuwan. Saklar berukuran molekul ini ternyata adalah zat kimia Nitrit Oksida (NO) yang dihasilkan dalam tubuh kunang-kunang. Dalam penelitian itu, kunang-kunang yang ditempatkan di kotak kecil tertutup dan diberi zat NO ternyata memancarkan cahaya terus-menerus tanpa terputus-putus. Nitrit Oksida juga ada pada tubuh manusia, dan berperan menjaga tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah, membantu sistem kekebalan tubuh menghadapi kuman penyakit, dan menghantarkan sinyal antar-sel saraf otak. Subhanalloh ya ^^
Lalu, apa fungsi dari cahaya tersebut?
Pakar Biologi menemukan, cahaya yang dikeluarkan berperan dalam menemukan pasangan kawin. Saat usia kawin tiba, sang jantan mencari pasangan betinanya dengan memancarkan cahaya berkerlip. Kunang-kunang betina di sekitar yang melihatnya akan mengeluarkan cahayanya untuk menjawab sang jantan. Dengan jawaban ini, sang jantan mengirimkan sinyal cahaya berikutnya dengan posisi semakin mengarah ke betina. Betina pun akan menjawab lagi, dan seterusnya, seolah saling bersahutan hingga akhirnya pasangan itu bertemu untuk kawin. Cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan, untuk memperingatkan antar sesama jenisnya tentang ancaman bahaya, maupun peringatan bagi serangga dan burung pemangsa agar tidak memakannya. (ternyata begitu yaa ^^)
Lalu apa kata ilmuwan tentang cahaya ini ?? dan Darimana mereka berasal ??
Prof Barry Trimmer dari Tufts University, Massachusetts, menemukan rahasia cahaya kelap-kelip yang dihasilkan oleh kunang-kunang. Dalam penemuannya, ia menemukan nitrogen monoksida (NO) yang menjadi penghantar sinyal flash, sekaligus menjadi kunci mekanisme kedap-kedip cahaya kunang-kunang.
Dijelaskan bahwa kunang-kunang memiliki sel pemantul cahaya yang mengandung banyak senyawa luciferin. Senyawa ini bereaksi dengan adenosine triphosfat (ATP). Cahaya lalu dihasilkan oleh bagian tubuh yang bernama luciferin, bercampur dengan enzim yang disebut luciferase. Dengan adanya luciferase, luciferin akan menjadi aktif, lalu bereaksi dengan Oksigen. Hasil reaksi ini adalah energi, yang lantas timbul sebagai cahaya dibantu oleh Nitrogen Oksida tadi. Reaksi berlangsung di dalam sel photocyte sehingga cahaya dapat terlihat. Sistem kerja syaraf akan mengatur perut kunang-kunang untuk mengeluarkan flash secara periodik dan teratur. Dan perlu kalian ketahui bahwa cahaya yang dihasilkan kunang-kunang adalah 95% dan 5% adalah panas. Sedangkan, lampu yang dibuat oleh manusia hanya menghasilkan cahaya sebanyak 5% dan sisanya adalah panas.


Begitulah hal unik yang telah kita pelajari dan simak bersama dari kunang-kunang (^^)
Satu pesan dari saya, Jangan pernah berhenti untuk mencari tahu (^^)
Salam hangat GINS, semoga bermanfaat ^^
Wassalam..

0 comments:

Posting Komentar

Thanks you, visitors.