Felani Galih Prabawa

20 Januari 2012

Kumpulan Soal SNMPTN Tulis Tahun 2011 dan Tips SNMPTN Undangan Tahun 2011

08.48 Posted by Felani Galih Prabawa No comments
Buenas dias, los espectadores !!! (^^)

Pagi ini saya Galieh Al Faylani Prabawa akan share kepada teman-teman setia GINS tentang koleksi soal-soal latihan SNMPTN Tulis Tahun 2011 yang dulu saya pake juga buat ngehadepin SNMPTN Tulis 2011 dan Tips seputar SNMPTN Undangan (^^)
Tapi sebelumnya saya akan jelasin dulu sedikit tentang SNMPTN, oke ?? (^^)

SNMPTN 2012
SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jadi buat PTS mah ga ada (iyaalaahh -_-) dan seleksinyapun diambil yang terbaik dari penjuru provinsi INDONESIA. Maka dari itu banyak siswa/i yang mulai melakukan bimbel di luar sekolah, bahkan adapula yang dari awal-awal kelas 3. Setiap tahunnya selalu ada regulasi baru mengenai kuota dari penerimaan mahasiswa barunya di tiap-tiap Universitasnya, ada universitas yang mengurangi kuotanya dalam SNMPTN Tulis, juga adapula yang menambah banyak kuota dari hasil tes Nasional ini. Untuk itu, kita harus siap menghadapi tes ini kalo emang kalian bener-bener serius..


Di tahun ini masih sama dengan tahun kemarin, ada SNMPTN Jalur Undangan, Jalur Tulis, dan UM yang diselenggarakan masing-masing Universitas. Bagi kalian yang mendapatkan SNMPTN Undangan, pilihlah dengan strategi yang matang. Jangan asal milih Universitas seenaknya, ada beberapa tips untuk menghadapi SNMPTN Undangan (sabar yaa, mau curcol dulu ^^).


  • Pertama, JANGAN ASAL memilih universitas. kalau kalian ingin memilih universitas yang bagus dan penghuni 3 besar ranking Indonesia, kalian harus lihat nilai kalian dan KKM-nya. karena setiap kota memiliki KKM yang berbeda.
  • Berikutnya, lihat grade sekolah kalian, kalau sekolah kalian biasa saja, mending pilih universitas yang biasa juga. Dan dari keduanya (nilai KKM & Grade Sekolah) jangan anda bandingkan dengan sekolah-sekolah dalam kota saja, tapi bandingkan pula dengan sekolah-sekolah bagus lain di luar kota sana.Berikutnya, lihatlah daftar prodi dari masing-masing jurusan di universitas tujuan kalian (bisa dilihat di snmptn.ac.id). Lalu apa yang kalian lihat ??? yang kalian lihat adalah kuota penerimaan tahun yang lalu dan penerimaan tahun sekarang. Semakin banyak kuota yang diberikan, berarti semakin berat pula persaingan untuk mendapatkan jurusan dari universitas tersebut. Bila kalian dari sekolah yang memiliki grade 1 di Indonesia, juga nilai kalian terbaik di sekolah kalian itu, maka kalian tinggal milih aja yang kalian mau. InsyaAlloh berhasil (^^) 
  • Pilihlah jurusan yang memang mendukung dengan nilai raport kalian. Dulu saya memiliki nilai raport yang bagus di pelajaran agama (Fiqih, Aqidah Akhlaq, Al-Qur'an Hadits, dll) tapi saya menganggap remeh. saya bilang waktu itu "gua ga mau milih PAI aahh, pengen IT gua !!!". Sedangkan waktu itu nilai MIPA saya standar (ga bagus, ga jelek). Lalu saya mendaftarkan diri saya di UPI Bandung Jurusan Ilmu Komputer dan IPB Ilmu Komputer yang notabene kedua jurusan ini paling kondang di kedua Universitas tersebut. Alhasil, saya gagal dalam SNMPTN Undangan ini. Teman saya yang memilih jurusan agama padahal nilainya dibawah saya bisa diterima di PTN, tepatnya UNJ. Jadi ini hal yang sangat penting !!! 
  • Berdoa kepada Alloh (tawakal). setelah kalian memilih jurusan kalian dengan sebijak-bijaknya, maka langkah terakhir yaitu bertawakal kepada Alloh. Artinya, kalian menyerahkan segala urusan kalian ini kepada Alloh. Karena Alloh lah yang Maha Kuasa dan Bekehendak. Jangan takut gagal, Alloh akan selalu membantu hamba-Nya yang senantiasa bertawakal. Bila pun kalian mengalami hal yang tidak sesuai dengan harapan, masih ada jalan lain untuk masuk PTN. SNMPTN Tulis dan UM yang diadakan universitas tertentu masih terbuka lebar untuk kalian (^^) 
Itu dia sedikitnya 4 tips untuk menghadapi SNMPTN Undangan. Jujur, tips ini saya buat sendiri berdasarkan pengalaman saya. Meskipun saya tidak berhasil masuk PTN melalui jalur itu, tapi kalian harus berhasil. Dan jangan lupa mendaftarkan diri ke PTS untuk jaga-jaga. Apabila dari SNMPTN Undangan, Tulis, dan UM tidak ada yang diterima, kalian masih bisa berkuliah di PTS. Banyak kok PTS yang bagus sekarang ini. Bahkan menghuni ranking 5 besar Universitas seluruh Indonesia (^^)

Kesimpulannya, susunlah strategi dalam menghadapi SNMPTN Undangan. Hadirkan segala kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi nantinya. Waktu kalian masih banyak dari hari ini. Jadi cobalah susun strategimu sekarang (^^)
Dan untuk kalian yang sudah daritadi tak sabar inginkan Soal Latihan SNMPTN Tahun 2011. Silahkan klik link download di bawah ini:

*Download Here:
Latihan Soal SNMPTN Tahun 2011

Terima kasih atas perhariannya, saya tunggu kritik dan saran brillian dari kamu, salam GINS (^^)

0 comments:

Posting Komentar

Thanks you, visitors.